Contoh Soal Seleksi Cpns, Twk #Soalhariini

Soal Hari Ini

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Soal

Atas perjuangan Soekarno dan orang-orang yang tergabung dalam Algemene Studieclub, pada 4 Juli 1927 didirikan sebuah partai gres berjulukan ...

A. Budi Utomo.
B. Perhimpunan Indonesia.
C. Perserikatan Nasional Indonesia.
D. Indische Partij.
E. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

*
Jabawan dan Ulasan

Jawaban : C
Pada tanggal 4 Juli 1927, atas perjuangan Soekarno dan orang-orang yang tergabung dalam Algemene Studieclub, Partai gres yang didirikan tersebut yaitu Partai Perserikatan Nasional Indonesia (PNI).

Adapun partai ini melakukan Ideologi Perhimpunan Indonesia, yaitu Kesatuan Nasional, Solidaritas, nonkoperasi, dan swadaya.


Penjelasan Untuk Pilihan Jawaban yang lain

A. Budi Utomo
Budi Utomo yaitu sebuah organisasi cowok yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan, serta tidak bersifat politik. Artinya, Budi Utomo sanggup dipastikan bukan sebuah partai politik.

Budi Utomo didirikan oleh Dr. Soetomo dan dua mahasiswa STOVIA yakni Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908. Pendirian Organisasi Pemuda ini digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo.
Organisasi Budi Utomo juga menandai dimulainya pergerakan nasional dalam rangka mencapai kemerdekaan, sehingga setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

B. Perhimpunan Indonesia
Organisasi yang awalnya berjulukan Indische Vereniging ini bukanlah sebuah partai, melainkan merupakan sebuah organisasi pelajar/mahasiswa yang didirikan pada tahun 1908 oleh Soetan Kasajangan Soripada dan R.M. Noto Soeroto. Adapun tujuan didirikannya organisasi ini yaitu untuk mengadakan pesta dansa-dansa dan pidato-pidato.

D. Indische Partij
National Indische Partij adalah Partai Politik pertama di Hindia Belanda yang didirikan pada tanggal 25 Desember 1912 oleh tiga serangkai, yaitu E.F.E Douwes Dekker, Tjipto Mangoekoesoemo, dan Ki Hajar Dewantara..
Partai ini berusaha didaftarkan status tubuh hukumnya pada pemerintah kolonial Hindia Belanda tetapi ditolak pada tanggal 11 Maret 1913.

E. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP yaitu salah satu Partai Politik di Indonesia dan masih aktif sampai ketika ini. Partai ini sendiri gres didirikan pada tanggal 10 Januari 1999 di Jakarta.

Itulah Soal Kita Hari Ini,, jangan lupa cek contoh-contoh soal lainnya ya..
LihatTutupKomentar